Cara Instal Ubuntu 9.10

Secara garis besar, saat menginstall ubuntu anda akan melewati beberapa tahapan :
1. Memilih Bahasa Instalasi
2. Memilih Lokasi dan Zona Waktu
3. Memilih Keyboard
4. Melakukan Pemartisian Hardisk
5. Membuat User/Pengguna
6. Migrasi Dokumen dan Setting
7. Summary, Instalasi Grub
untuk menginstal linux di perlukan cd instal linux ( klu saya pinjem punya teman wakakaakakaka) nah klu yang udah ada ikuti petunjuk selanjutnya……..

Booting dari CDROM
Setelah dibakar ke cdrom, anda harus booting menggunakan cdrom itu. Jika PC anda sudah diset untuk boot ke cdrom, anda bisa menunggu sampai layar pilihan boot ubuntu menyapa anda.
Jika tidak, anda bisa menekan tombol F2 (kalo di leptop saya) atau sejenisnya, sesuai pesan bios untuk mengganti pilihan booting.
Pada layar menu booting ubuntu, anda akan diberi beberapa pilihan:
1. Try Ubuntu => untuk mencoba system live
2. Install Ubuntu => untuk menginstall ubuntu <= Pilih Install ubuntu
3. Check disk => untuk mengecek cd
4. Test memory => untuk mengetest RAM
5. Boot from =>untuk mem-boot OS di hardisk

Setelah memilih Install Ubuntu dengan menekan tombol panah bawah lalu Enter, anda akan dibawa
ke layar pesan booting .

Langkah 1. Memilih Bahasa
Di halaman welcome anda bisa memilih bahasa selama proses instalasi. Bahasa ini juga akan
menjadi bahasa default sistem anda. Anda bisa memilih bahasa baru nanti melalui menu System >> Administration >> Language Support. Di sini, karena lebih familiar dan nyaman menggunakan bahasa Inggris, saya memilih bahasa Inggris.
Untuk memilih bahasa selain bahasa Inggris, anda bisa melakukan klik scroll di tab daftar bahasa di sebelah kiri.
Setelah itu Klik Forward untuk melanjutkan instalasi, untuk membatalkan proses instalasi klik Quit.

Langkah 2. Memilih Lokasi dan Time Zone
Anda harus memilih lokasi dan zona waktu sesuai lokasi dan zona waktu anda saat ini. Hal ini penting karena beberapa setting akan otomatis mengikuti lokasi anda. Seperti lokasi server repository terdekat dengan lokasi anda saat ini. Menggunakan server yang lebih dekat tentu akan menghemat bandwith dan mempercepat waktu downloadnya.
kalo saya tinggal di kota Pontianak termasuk ke zona wilayah indonesia bagian barat (wib) saya memilih pontianak di field City. Cara yang lebih cepat anda tinggal meng-klik saja kota anda di peta.
Selanjut nya klik Forward

Langkah 3. Memilih LayOut Keyboard
Biasanya kita menggunakan keyboard standar USA. Jika PC/Laptop anda menggunakan keyboard jenis lain, anda bisa memilih dari daftar yang tersedia. Jika anda tidak tahu, anda bisa melakukan test dengan mengetik di field yang tersedia di kiri bawah.
Selanjut nya klik Forward

Langkah 4. Mempartisi Hardisk
Biasanya bagian tersulit dari proses instalasi adalah saat melakukan pemartisian. Meskipun demikian, kesalahan dalam pemartisian bisa mengakibatkan kehilangan data. Sebab itu, anda sebaiknya melakukan backup terlebih dahulu.
Agar mudah memahami pemartisian, anda harus mengetahui untuk apa anda menginstall ubuntu. Untuk menginstall ubuntu di hardisk yang kosong atau single booting, anda bisa memilih melakukan pemartisian manual atau otomatis.
Untuk kontrol yang lebih baik, saya menyarankan anda memilih pemartisian manual – Specify Partitions Manual (Advanced). Klik forward, setelah memilih opsi ini..

Ubuntu diinstall dengan skema partisi:
1. Partisi root => mount point (/) – disarankan 5-10 Gb
2. Partisi swap => mount point (swap area) – Umumnya 2x nilai RAM anda. (ram saya 2Gb jadi partisi yang di isi 4096)
3. Partisi home => mount point (/home) – sebaiknya sisa/bagian terbesar hardisk

Klik pada bagian yang kosong, pilih New Partition untuk membuat partisi baru buat lah 3 partisi seperti skema di atas lalu Klik OK
Untuk membuat dual boot partisi harus di persiapkan dahulu dengan cara menggunakan software pembagi partisi misal nya partition magic (untuk windows).

Langkah 5. Membuat User
1. Isikan nama anda pada field What is your name
2. Isikan Username untuk login anda pada field What name do you want to use log in.
3. Isikan pasword anda pada field Choose a password to keep your account safe..
Selanjutnya pilih opsi log in automatically jika anda ingin login otomatis tanpa mengisi pasword dan username pada saat login.

Langkah 6. Migrasi Dokumen dan Setting
Pada langkah ini maksud nya adalah untuk mengimpor dokumen dan setting (termasuk wallpaper) dari windows. anda bisa memilih untuk tidak melakukan impor sama sekali, atau mengimpor setting dan file tertentu saja.
Selanjutnya klik Forward

Langkah 7. Summary
Sebelum melakukan tahap instalasi ubuntu yang sesungguhnya, anda akan diminta melihat summary, memeriksa dengan baik keseluruhan setting sebelum menginstall. Pada menu ini, anda juga bisa memilih untuk membatalkan instalasi, dengan menekan meng-klik Quit dan anda bisa memilih dimanakah anda akan menginstall Grub (Boot Manager) atau malah tidak menginstall grub sama sekali jika anda tidak memakai dual boot.
Nah selanjut nya klik Instal tunggu sampai proses penginstalan selesai, setelah selesa anda akan di minta untuk merestart PC/Laptop anda dengan hanya meng-klik Restart Now.
Selesai!!!!!!!!!!!!!!!!!

Untuk Download Artikel Klik Gambar

Baca Artikel Terkait :