Setting modem VENUS VT12 dan SU-6350 CDMA di ubuntu

Saya berada di kantin kampus tiba-tiba ada teman yang bertanya bagaimana cara mengkoneksikan modemnya di ubuntu, langsung saja saya kerjakan dengan berbekal sedikit pengalaman heehehe :D kebetulan di kampus ada hostpotan nya jadi saya pikir pekerjaan jadi mudah :p
setting modem usb cdma untuk merk venus vt12 dan SU-6350 CDMA di ubuntu  sangat lah mudah. Syarat nya kita hanya harus menginstal aplikasi WVDIAL beserta lib lib nya.
Berikut caranya.
CARA PERTAMA ini di leptop/PC yang sudah terkoneksi internet
a.    Keterminal install WVDIAL ketikan perintah
Sudo apt-get install wvdial
b.    Colokkan modem, ketikan perintah
Sudo wvdialconf
Akan terlihat aplikasi wvdial mengkonfigurasi modem anda dan menyimpan konfigurasi nya di /etc/wvdial.conf secara otomatis
c.    Anda tinggal memasukan username dan password provider cdma yang anda pakai, edit file /etc/wvdial.conf dengan perintah
Sudo gedit wvdial.conf
File nya terbuka setelah itu masukan username password nya simpan klik tombol SAVE. Sehinggal terlihat seperti di bawah ini 


[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyUSB0
Baud = 230400
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
ISDN = 0
Modem Type = Analog Modem
Phone = #777
Username = username@free
Password = Telkom

d.    Setelah itu anda tinggal menjalan kan modemnya
Sudo wvdial


CARA KEDUA ini untuk yang tidak terkoneksi internet.
Lagi lagi ada teman yang minta installkan modem cdma nya di ubuntu, kalo untuk yang ini saya sedikit pusing di buatnya masalah nya mau nginstall aplikasi nya tidak bisa coz tidak terkoneksi internet karena ilmu yang saya dapat hanya menginstal aplikasi wvdial secara online ehehehheh. Saya bilang besok aja saya download dulu aplikasi mentah nya di rumah. Pas sampe dirumah saya download aja wvdial.deb.
Kemudian pas besoknya saya langsung install wvdial.deb ke leptop teman saya, tapi pas install kok error LIB LIB gitu lah saya juga lupa errornya, sedikit bermain logika saya rasa ada lib nya yang kurang. Nah berikut cara nya cara ini diambil dari LinuxPontianak.org

1. download package ini


Kemudian install package tersebut satu persatu dengan perintah berikut :
sudo dpkg -i libxplc0.3.13_0.3.13-1build1_i386.deb
sudo dpkg -i libwvstreams4.4-base_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb
sudo dpkg -i libwvstreams4.4-extras_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb
sudo dpkg -i libuniconf4.4_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb
sudo dpkg -i wvdial_1.60.1_i386.deb
Setelah package nya terinstall semua, ikuti langkah di atas mulai dari langkah kedua (b) sampai langkah terakhir,
Selamat mencoba…

Untuk Download Artikel Klik Gambar

Baca Artikel Terkait :

1 komentar:

  1. Thanks gan...
    http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/motor-matic-injeksi-irit-harga-murah.html

    BalasHapus

MOHON DIKOREKSI JIKA SAYA SALAH
===============================
||||||| Blog ini Dofollow |||||||||
===============================
Silahkan Meninggalkan Komentar Soba ... :)
saling bersilahturahmi saya juga akan berkunjung keblog Sobat.

Untuk Sobat Yang Ikut Kontes Seo SilahKan Berkomentar Dengan Keyword Kontes Nya. Semoga Membantu !!

Tukeran link yuk teman klik halaman sini

Untuk sobat yang tidak sempat di balas komentnya silahkan baca ini ya : :D
keep blogging