Belajar Gambas2 di Ubuntu – Part II

Penulis : ferdiansyah
Facebook : boeaya_12@yahoo.co.id
Cepat Dan Mudah Memahami
Bahasa Pemrograman Gambas Di Linux

BAB 2 Menggunakan Event Dan Property
1.1 Membuat Program Graphical User Interface
Aktifkan Gambas dengan cara yang ada di BAB 1, kenali jenis jenis control yang ada di Tool Box.
ferdi1
Keterangan Dari Kiri Ke Kanan :
Select, Label, TextLabel, Separator, PictureBox, MovieBox, ProgressBar, Button, CheckBox, RadioButton, ToggleButton, ToolButton, Slider, ScrollBar, ListBox, ComboBox, TextBox, SpinBox, TextArea, ListView, TreeView, IconView, ColumnView, GridView, ColourButton, DirView, FileView, TableView, dan ValueBox.
 
Buatlah GUI pada form seperti gambar di bawah ini
ferdi2 Cara membuatnya :
Klik Komponen TextLabel yang ada di ToolBox, Kemudian klik di form dan atur besar ukuran TextLabel, Lakukan Langkah Yang Sama Pada Komponen Label dan Button.

1.2 Mengatur Property Object
ferdi3Melalui Jendela Properties atur setiap object sebagai berikut :
OBJECT Properties VALUE
FMain Text Form Ferdi
TextLabel1 Text Tuliskan nama Anda
TextBox1 Text - (dikosongkan)
Label1 Alignment
Background
Font
Text
Center
FFFFFF(warna putih)
24
dikosongkan
Button1 Text Enter
button2 Text Exit


Sehingga GUI nya menjadi seperti gambar di bawah ini :ferdi5
1.3 Menuliskan Kode Program
Program yang berbasi OOP bersifat event-driven, artinya program bekerja berdasarkan event yang terjadi pada object di dalam program tersebut. Misal kan, jika user meng klik sebuah tombol maka program akan memberi reaksi terhadap event klik tersebut. Program akan memberikan reaksi sesuai dengan kode kode perintah program yang di buat untuk suatu event pada object tertentu.
Mari kita mulai memasukan kode program kedalam GUI yang telah kita buat tadi.
Double klik object button1, maka kita akan masuk ke jendela editor (Fmain.class) dan akan muncul secara otomatis blok kode program seperti ini :
PUBLIC SUB Button1_Click()
END
selanjut nya masukan kode program menjadi seperti ini :
PUBLIC SUB Button1_Click()
Label1.Caption = TextBox1.Text
END
PUBLIC SUB Button2_Click()
FMain.Close
END
sekarang jalankan program nya dengan menekan F5 pada keyboard atau klik tombol start pada ToolBar (lihat BAB 1). Ketikkan FERDI pada TextBox1, kemudian Klik Enter maka hasilnya sebagai berikut :ferdi6
Penjelasan Kode Program :
PUBLIC SUB Button1_Click()
Label1.Caption = TextBox1.Text
END
Pada saat seorang user mengklik tombol button1 satu maka isi pada TextBox1 akan sama dengan isi Label1.
PUBLIC SUB Button2_Click()
Fmain.close
END
Fmain.close artinya menutup program (atau keluar dari program), jadi pada saat kita klik tombol button2 maka program nya akan keluar.

Untuk Download Artikel Klik Gambar

Baca Artikel Terkait :

5 komentar:

  1. terima kasih gan ilmunya...

    BalasHapus
  2. @gusnov:
    sama-sama gan...
    terima kasih dah berkunjung..
    dan salam kenal...

    BalasHapus
  3. part 3 nya enggak ada gan? yaah padahal saya lagi pengen-pengennya belajar gambas :(

    http://catatanlinuxku.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Gambas2 Gambas3 di tempat saya juga ada ! mampir ya ! di sini
    www.MarkasGambas.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Thanks gan...

    http://amronbadriza.blogspot.com/2012/07/motor-matic-injeksi-irit-harga-murah.html

    BalasHapus

MOHON DIKOREKSI JIKA SAYA SALAH
===============================
||||||| Blog ini Dofollow |||||||||
===============================
Silahkan Meninggalkan Komentar Soba ... :)
saling bersilahturahmi saya juga akan berkunjung keblog Sobat.

Untuk Sobat Yang Ikut Kontes Seo SilahKan Berkomentar Dengan Keyword Kontes Nya. Semoga Membantu !!

Tukeran link yuk teman klik halaman sini

Untuk sobat yang tidak sempat di balas komentnya silahkan baca ini ya : :D
keep blogging