Belajar Gambas2 di Ubuntu - Part I

Penulis : ferdiansyah

Facebook : boeaya_12@yahoo.co.id

Cepat Dan Mudah Memahami

Bahasa Pemrograman Gambas Di Linux

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 Mengenal Gambas

Gambas adalah Free Graphical Development Environment berdasarkan penerjemah bahasa Basic, dan termasuk Bahasa Pemrograman Berorientasi objek (Object Oriented Programming) mirip seperti dengan Visual Basic tetapi Gambas Bukan kloning dari Visual Basic. Gambas hanya dapat berkerja di bawah sistem operasi Linux.

Di gambas kita bisa dengan mudah mendesain program GUI (Graphic User Interface) dengan QT, GTK, GTK+, Akses MySql, Database, dan lain-lain.

Gambas Diciptakan Oleh pria berkebangsaan prancis yang bernama Benoit Minisini, lahir pada tahun 1972 dan sekarang tinggal di perancis. Beliau menyukai bahasa basic sudah dari sejak berumur 12 tahun.

1.2 Mengenal Graphical

Jalankan Program Gambas Melalui Menu > Programing > Gambas > New Project... > Graphical Application >

ferdi2 ferdi1

Setelah itu akan muncul tampilan tempat dimana kita akan menyimpan file project kita, tentukan folder penyimpanan nya lalu klik next, dan setelah itu kita di minta untuk mengisikan nama project kita lalu klik ok. Lihat gambar di bawah

ferdi3 ferdi4

Selanjut nya kita memasuki jendela kerja Graphical.

ferdi5

Keterangan :

1. MenuBar

2. ToolBar

3. Jendela Project

4. Form

5. Jendela Propertis

6. Tool Box

Catatan : Kita dapat Menampilkan atau Menyembunyikan Jendela Project, Propertis, Dan Tool Box, Klik View > Centang Atau Hilangkan Centang jendela.

1.3 Memahami Istilah Object, Property, Event Dan Method

Dalam bahasa pemrograman berbasis obyek OOP, kita harus memahami istilah Object, Property, Method, dan Event sebagai berikut.

Object : Komponen dalam sebuah program

Property : Kateristik yang dimiliki program

Method : Aksi yang dapat dilakukan Objek

Event : Kejadian yang dapat di alami oleh objek

Sebagai ilustrasi kita bayangkan sebuah Kendaraan Motor Sport berwarna biru ber merk Yamaha. Apa objek, property, method, dan event di motor sport tersebut??

Objek nya : Motor

Property nya : Katerisitik dari motor tersebut adalah merk Yamaha, warna biru, type Sport

Method nya : Dapat melakukan aksi maju, mundur, berhenti

Event : Kejadian yg dapat di alami nya adalah didorong, menabrak, ban berputar

Maksud nya di dalam sebuah aplikasi misalnya kita membuat sebuah form, maka form tersebut memiliki object, property, method, dan event.

LANJUT KE PART II


Untuk Download Artikel Klik Gambar

Baca Artikel Terkait :

1 komentar:

MOHON DIKOREKSI JIKA SAYA SALAH
===============================
||||||| Blog ini Dofollow |||||||||
===============================
Silahkan Meninggalkan Komentar Soba ... :)
saling bersilahturahmi saya juga akan berkunjung keblog Sobat.

Untuk Sobat Yang Ikut Kontes Seo SilahKan Berkomentar Dengan Keyword Kontes Nya. Semoga Membantu !!

Tukeran link yuk teman klik halaman sini

Untuk sobat yang tidak sempat di balas komentnya silahkan baca ini ya : :D
keep blogging