Cara Membuat Related Post / Artikel Terkait

Jika Ada yang belum tahu artikel terkait itu apa silahkan lihat di blog ini pada bagian akhir artikel saya ini ada tulisan Artikel Terkait. Fungsinya selain untuk seo, related post / artikel terkait ini juga membantu pengunjung untuk membaca yang lain mungkin yang belum di ketahuinya. Hal ini menyebabkan pengunjung bisa betah berada di blog kita.
Langsung saja cara membuat related post / artikel terkait :

Masuk blogger > rancangan > edit html > centang expand template widget
cari kode </head> kemudian letakkan script di bawah ini tepat di atas kode </head>

<script type="text/javascript">
//<![CDATA[
var relatedTitles = new Array();
var relatedTitlesNum = 0;
var relatedUrls = new Array();
function related_results_labels(json) {
for (var i = 0; i < json.feed.entry.length; i++) {
var entry = json.feed.entry[i];
relatedTitles[relatedTitlesNum] = entry.title.$t;
for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) {
if (entry.link[k].rel == 'alternate') {
relatedUrls[relatedTitlesNum] = entry.link[k].href;
relatedTitlesNum++;
break;}}}}
function removeRelatedDuplicates() {
var tmp = new Array(0);
var tmp2 = new Array(0);
for(var i = 0; i < relatedUrls.length; i++) {
if(!contains(tmp, relatedUrls[i])) {
tmp.length += 1;
tmp[tmp.length - 1] = relatedUrls[i];
tmp2.length += 1;
tmp2[tmp2.length - 1] = relatedTitles[i];}}
relatedTitles = tmp2;
relatedUrls = tmp;}
function contains(a, e) {
for(var j = 0; j < a.length; j++) if (a[j]==e) return true;
return false;}
function printRelatedLabels() {
var r = Math.floor((relatedTitles.length - 1) * Math.random());
var i = 0;
document.write('<ul>');
while (i < relatedTitles.length && i < 20) {
document.write('<li><a href="' + relatedUrls[r] + '">' +
relatedTitles[r] + '</a></li>');
if (r < relatedTitles.length - 1) {
r++;
} else {
r = 0;}
i++;}
document.write('</ul>');}
//]]>
</script>

Kemudian cari kode <data:post.body/> kemudian letakkan script berikut ini di bawah kode <data:post.body/>

<b:if cond='data:post.labels'>
<b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<script expr:src='"/feeds/posts/default/-/" + data:label.name + "?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=5"' type='text/javascript'/>
</b:if>
</b:loop>
</b:if>

<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<h4>Artikel Terkait</h4>
<script type="text/javascript">
removeRelatedDuplicates();
printRelatedLabels();
</script>
</b:if>

Terakhir simpan template. Cukup mudah bukan cara membuat related post / artikel terkait. :D

Best regards,

Tutorial Linux Ubuntu | seo


Untuk Download Artikel Klik Gambar

Baca Artikel Terkait :

276 komentar:

  1. gimana klo data:post.body ada tiga

    BalasHapus
  2. @BIMA:
    klo ada tiga pilih yang terakhir..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ceklis Expand Template Widget

      Hapus
    2. Biar muncul kalo datapostbody ada 3 semua nya aja,gw jg semuanya jd muncul

      Hapus
    3. semuanya tuh salah,, sebenarnya, di pasang di bawah yang pertama,, (bukan tepat di bawahnya)

      tetapi agag kebawa sedikit,,,

      Hapus
  3. thanks sob ^^
    mampir ya http://caratrikblog.blogspot.com

    BalasHapus
  4. makasih kaka tutornya... hehe

    BalasHapus
  5. tengkyu kang, sangat membantu buatku yang newbi.....

    BalasHapus
  6. gan kok nggak jadi punya aku ya...? mohon bantuanya gan balas diemal aku ya gan zarnadi@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  7. @ROY AHMAD:
    sama-sama kang,
    saya juga newbie sama sama baru belajar jg. hehee
    salam kenal

    BalasHapus
  8. @serba serbi:
    erornya kenapa gan, coba perlahan lahan ulangin lagi langkahnya,, jangan lupa di backup template dulu,, ini mudah kok gan pasang nya cuma begitu aja..

    BalasHapus
  9. boleh juga gan infonya mantabee,,

    BalasHapus
  10. gan kok ga muncul tulisan artikel terkaitnya ???
    trim's

    BalasHapus
  11. thanks mas bro

    http://kelaspojok.org/

    BalasHapus
  12. makasih infonya,...

    mau bolg anda menjadi mesin pengumpul uang.. ? kunjungi blog ku..berbagai tips supaya blog anda menjadi msen pungumpul uang..

    BalasHapus
  13. hebat loh brow
    http://sulapgratiz.blogspot.com

    BalasHapus
  14. @women's health:
    mungkin women's health ada yang salah pada step 2
    thanks dah berkunjung

    BalasHapus
  15. @FieRoe Blog:
    sama-sama om... thanks dah berkunjung.

    BalasHapus
  16. @KetuaKelasPojok:
    sama-sma mas bro.. thanks dah berkunjung

    BalasHapus
  17. @vina
    sama-sama..
    thanks juga infonya.. langsung ketekape

    BalasHapus
  18. bonuskerjaonline.com say: thanks gan infonya langsung meluncur ke TKP.

    BalasHapus
  19. nice info.

    view:
    http://lonicoffie.blogspot.com/2011/11/asus-eee-tablet-ready-to-launch-pad.html
    http://lonicoffie.blogspot.com/2011/11/specifications-and-price-viewpad-7e.html
    http://lonicoffie.blogspot.com/2011/11/huawei-honor-specifications.html

    BalasHapus
  20. maksi mas infonya..dari sekian banyak tentang cara membuat artikel terkait baru kali ini yang bisa..

    BalasHapus
  21. maksh mas brooo infonya.... bermanfaat sangat...

    BalasHapus
  22. bingung nih gan ada 4 yang mana di pilih....

    BalasHapus
  23. thanks gan infonya

    http://favo-2duniasoftware.blogspot.com/

    BalasHapus
  24. gan kok blog punya ane ga ada perobahan ya ..

    BalasHapus
  25. Hem, aku masang salahnya di mana ya?. kok nggak jadi.

    BalasHapus
  26. kalau gak ada kode < d a t a : p o s t . b o d y / > trus gimana bos? maaf kodenya saya pecah2 supaya bisa tampil di komentar.

    BalasHapus
  27. Tankiyu Gan,artikelnya. Bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  28. Ko ga bisa ya sob??bisa di kasih tau n di check di blog saya..mohon pencerahannya sob.. :)

    BalasHapus
  29. iya nihhh gk jadiii..di blog ane juga..hhaaiizz..gimana nihh gan..>?

    BalasHapus
  30. di blog ane kgak ada,,,trus gmna???
    http://fisciasblog.blogspot.com

    BalasHapus
  31. mantep gan infonya. ane coba dulu ya. mudah2an bisa. thanks

    BalasHapus
  32. trima kasih aku pendatang pemula ternyata langsung bisa cespleng artikel terkaitnya sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
  33. mantap gan makasih infonya maaf ni udah di pake hasilnya sangat mengagumkan..

    BalasHapus
  34. terima kasih informasinya gan,,sangant bermanfaat banget bagi saya sebagai pemula...

    BalasHapus
  35. terima kasih informasinya gan,,sangant bermanfaat banget bagi saya sebagai pemula...

    BalasHapus
  36. saya masih newbie, makasih gan

    BalasHapus
  37. nice post ..
    jangan lupa mampir http://rianzii.blogspot.com/
    ^_^

    BalasHapus
  38. okay di coba... mampir ke http://rahimnetwork.blogspot.com yeaahhhh....

    BalasHapus
  39. makasih juragan,,
    hasilnya sempurna..,
    kalo ada waktu mampir di lapak anae ya http://bunnoichi.blogspot.com/

    BalasHapus
  40. gak ada data:post.body
    gimana solusinya gan?

    BalasHapus
  41. http://undangan-kangsor.blogspot.com/
    Terima kasih atas ilmu yang sudah di berikan

    BalasHapus
  42. Gan Permisi saya pasang Cara Membuat artikel terkait undah berhasil, terimakasih, Tutorial yang yanglebih cantik ditunggu

    BalasHapus
  43. Makasih gan buat tutorial related post nya. keren.

    BalasHapus
  44. makasih infonya gan,bermanfaat sekali buat saya .jangan lupa kunjungi blog saya http://www.jurnaldunia.com

    BalasHapus
  45. info tutorialnya bagus untuk para pengunjung blog

    BalasHapus
  46. terimakasih Gan, sangat berguna

    BalasHapus
  47. Terimakasih Infonya :)

    http://www.bagusprasetya.com

    BalasHapus
  48. Thanks ya infonya, simple dan mudah dimengerti, jadi gak usah muter-muter mbah google untuk mencari tambahan info.

    BalasHapus
  49. thanks ya gan infonya. sangat membantu :D

    mampir ya ke blog saya mhdteguhs.blogspot.com

    BalasHapus
  50. gimana klo data post body'a ga ada ??

    BalasHapus
  51. thanks sob,,,

    ini yang saya cari...kelihatan profesional cara ini..

    BalasHapus
  52. wih mantap, terimakasih kakak, sangat bermanfaat buat q yang nyubi

    BalasHapus
  53. wah maksih banget ya postingannya....

    BalasHapus
  54. terima kasih infonya, izin copy di blog ya ..

    BalasHapus
  55. Nice info... sy sdh coba dan berhasil.
    cuman mau tanya apakah beda dengan script related post atau bgmn?
    pengaruh loading lebih lambat gak?

    Tks

    BalasHapus
  56. makasih sob, langsung praktek... :)

    BalasHapus
  57. mampir dong pada mas bro di blog saya ' bnyak kok tips-tips blog yng perlu anda letehui check TKP >>>>>
    http://putrapatiwara.blogspot.com/

    BalasHapus
  58. thanks infonya.. blognya rame.. rame iklan.. gmn tipsnya bos? thnks

    BalasHapus
  59. Terima kasih atas infonya gan,,

    BalasHapus
  60. Wah langsung tancap gas gan...
    Bwat agan2 semua mari bersilaturahmi, saya newbi... nyoba ikut kontes seo ni gan buat belajar, minta dukungan dan do'anya ya gan...
    http://k-moes.blogspot.com/2012/04/sepeda-motor-injeksi-irit-harga-terbaik.html

    BalasHapus
  61. terima kasih atas infonya.....salam kenal kunjung balik.

    BalasHapus
  62. Terima kasih Gan artkelnya keren..

    BalasHapus
  63. Kok gak muncul artikel terkait nya di blog ku?

    BalasHapus
  64. Thanks infonya gan ,,bermanfaat buat ane yg masih newbie
    Di tunggu kunjungan balik nya http://bloggerkw.blogspot.com/

    BalasHapus
  65. wow !!! terima kasihnya gam ... artikel - artikelnya memang bagus2, dan q akan pelajari dulu dan saya akan berkunjung kembali kesini untuk membaca update artikel terbaru dari anda, tahnk....

    BalasHapus
  66. Woww, info yang sudah lama aku cari2 nih,, makasih yah,,,

    BalasHapus
  67. Mantap. Thanks infonya tentang cara membuat related post paling keren. hehehe

    BalasHapus
  68. gan kok ga muncul tulisan artikel terkaitnya ???
    trim's

    BalasHapus
  69. thanks gan , http://jumaizer.blogspot.com

    BalasHapus
  70. gan kalau saya mau ngasih garis atau border di luarnya gimana?

    salam rumahkomputer

    BalasHapus
  71. Previewnya dong, biar tahu

    BalasHapus
  72. makasih yah, berhasil......

    BalasHapus
  73. terima kasih....
    saya sangat terbantu dengan tutorialnya lnl.

    BalasHapus
  74. Mantap,, thank's banyak ya... atas bantuannya..hehehe

    BalasHapus
  75. bagus sob ... artikel nya tapi berat tidak untuk blog saya ...salamkenal aja untuk tutor supernya ,,, terimakasih banyak sob ,,,

    BalasHapus
  76. kalau mau ditambahkan scroll bisa nggak ? dan kalau bisa gimana cara nya ?. beritahu saya ya kalau udah di jawab makasih.

    BalasHapus
  77. sob blog saya code data:post.body//div seperti itu jadi enternya di belah mana ya ,, sebelum div atau sesudah div ,,masukan code html yang di atas

    BalasHapus
  78. tukeran link donk sobat .....:D

    BalasHapus
  79. terimakasih, sangat membantu, oh ya mau tanya related artikel itu efek bagi seo apa sih.. ?

    BalasHapus
  80. terima kasih atas info nya , dan sangat membantu

    BalasHapus
  81. makasih ilmunya om,
    udah tak coba..
    heheheh
    follow back ya..
    tp oq ga keluar ya om..

    BalasHapus
  82. hehehehe...
    udah muncul ding om, thanks ya..

    BalasHapus
  83. Thanks gan, udah tak coba tadinya gagal terus tapi akhirnya berhasil gan.
    Mampir gan ke blog ane http://harmoko37.blogspot.com

    BalasHapus
  84. mantabh sob infonya...........

    BalasHapus
  85. ilmu yang bermanfaat, bikin tutorial javascript dong masta, pengin belajar nih

    BalasHapus
  86. terimakasih banyak. ilmunya sudah saya praktekkan dan berhasil.

    BalasHapus
  87. ane gagal mulu aha hahahhaha follow back abang gantenk

    BalasHapus
  88. eh jadi sob whwhhwhwhhw salah perhitunga ane tanks ya ilmu nya mantaf :)

    BalasHapus
  89. terima kasih infonya. Siap dicoba.!

    BalasHapus
  90. Terimakasih untuk info-nya ... akan segera saya coba terapkan di blog saya, :)

    BalasHapus
  91. Mantap abis, yang lain nggak bisa berhasil..

    Tapi pake tutorial yang agan kasih langsung bisa punya ane... :)

    BalasHapus
  92. izin Kode script untuk di share bboleh ga.

    BalasHapus
  93. aku dah coba,tulisan artikel terkait ada sih...
    tapi dibawahnya kosong...gak ada tulisannya...
    gmn dong ???

    BalasHapus
  94. nih liat...
    kolaksetop.blogspot.com

    BalasHapus
  95. Mantap gan, udah terjajal. jangan lupa ya CaraCara Blog

    BalasHapus
  96. kok gk ada perubahan ya mas?

    www.designroomku.blogspot.com

    coba liat mas..mohon bantuan nya..maklum bru belajar blog

    BalasHapus
  97. gak mau muncul di blog ane..ane semua script sudah dicoba ..hasil tetap sama

    BalasHapus
  98. makek lage skrip di blog ini...ooke makasih yah:)

    BalasHapus
  99. jika kita pasang iklan di bawah posting apakah pada saat memasang script related post ini, apakah iklannya masih tetap berada di bawah posting. Mohon jawabannya, terima kasih

    BalasHapus
  100. bagaimana kaloa ga ada
    tolong pencerahannya gan
    http://oriwokis20.blogspot.com

    BalasHapus
  101. waduh.. dari tadi browsing ga ada yang cocok. semoga yang ini bisa..
    thanks gan..

    BalasHapus
  102. berhasil dicoba kang..
    makasih banyaak..

    kunjungan balik yaa..

    BalasHapus
  103. makasih gan, sukses dah ane coba

    BalasHapus
  104. sip gan,,praktek dah,,,,salam sukses gan,,,mampir gan ya,di blog ane yang masih berantakan ne gan,,,salam kenal

    BalasHapus
  105. tengkyu gan atas inponya. dah ane terapin ke blog ane.kalo sempet silahkan mampir ye...

    BalasHapus
  106. makasih telah berbagi ifrmasi yang berguna untuk semuanya, sayatelah pasang di blog saya dan alhamdulliah berhasil

    BalasHapus
  107. 988bet agen bola untuk prediksi piala eropa 2012 kontes seo dari agen bola online hadiah 35 juta rupiahhh

    BalasHapus
  108. Gan kodenya d letakan d yg pertama pa yg terakhir..? mksh banyak infonya

    BalasHapus
  109. Gan gmn caranya bikin tombol Reply d kotak komentar..??
    mksh n' salam kenal

    BalasHapus
  110. followback www.ahmedtnj.blogspot.com

    BalasHapus
  111. berkat ini saya bisa buat nya..thks

    BalasHapus
  112. wah ini artikel yang saya cari, kebetulan blog saya mau bikin related artikel

    BalasHapus
  113. coba-coba dulu deh.....
    terima kasih....

    BalasHapus
  114. makasih tutor nya kak berhasil

    BalasHapus
  115. cia..
    mampir juga ya disini
    http://wildan-art.blogspot.com/

    BalasHapus
  116. Related postnya bisa digambarin sama gambar Rss feed ga ?

    BalasHapus
  117. Thanks sob tutorialnya..

    BalasHapus
  118. gan, kok gk ada sich..
    mohon bantuanya....

    BalasHapus
  119. gimana kalo nggak ada sama sekali????

    BalasHapus
  120. Balasan
    1. Kalau gak ada mungkin memang templatenya ga support, cb ganti dg template lain. Saya sdh mencoba...
      http://addurlgooglewebmaster.blogspot.com/

      Hapus
  121. okey gan makasih infonya.langsung saya coba nih mudah2an berhasil

    BalasHapus
  122. makasih gan atas dofollownya ,nih saya nempelin link ane .,

    BalasHapus
  123. mas gimana cara hapusnya? saya mau ganti sama "related post" model yang lain,, tapi bingung cara ngapusnya.. ni blog saya http://berilmu-pengetahuan.blogspot.com/

    BalasHapus
  124. udh saya terapkan dan berhasil bos, thx tutorialnya, sedikit tambahan bos, utk <data:post.body/> kan biasanya di blogger ada dua tuh, biar ga bingung jadi kita pilih yang pertama, biasanya diawali <p> dan diakhiri </p>, jadi <p><data:post.body/></p>. thx bos :)

    BalasHapus
  125. Muuaantap bos. Udah ane pasang ke blog ane, hasilnya bisa dilihat sendiri. Trims :)

    BalasHapus
  126. butuh artikel?
    -Artikel SEO
    -Contes SEO
    -Update Blog

    visit :
    https://www.facebook.com/pages/Penulis-Artikel/348533891879803

    BalasHapus
  127. butuh artikel?
    -Artikel SEO
    -Contes SEO
    -Update Blog

    visit :
    https://www.facebook.com/pages/Penulis-Artikel/348533891879803

    BalasHapus
  128. Fyuh... mantap. Thankz before. Ini yang aku cari.

    BalasHapus
  129. ga muncul" gan. ga ada yg slah. udh ku coba berkali kali

    BalasHapus
  130. kok gak muncul~?!!!!!!!!!!!!!!

    BalasHapus
  131. ok gan setelah dicoba bisa... thanks gan...

    BalasHapus
  132. TERIMA KASIH... PERABOT ANDHIEY

    BalasHapus
  133. Thanks gan dah ane coba tutornya,,dan Berhasil....

    BalasHapus
  134. Akhirnya nemu juga solusinya diblog ini, terima kasih banget gan.. By masarkandas

    BalasHapus
  135. GAN ane mau buat related post bergambar bejimane ??
    thanx u

    BalasHapus
  136. makasih gan ....
    artikel yang bermamfaat ....
    di coba dlu ....

    BalasHapus
  137. trimakasih gan..
    infonya sangant bermanfaat sekali bagi saya..
    jangan lupa follow jg ya gan..

    http://daludalushare.blogspot.com/

    BalasHapus
  138. terima kasih atas ilmunya gan, dan saya sdh terapkan di blog ane. thxs

    BalasHapus
  139. makasih gan,,
    http://neo-naira.blogspot.com/

    BalasHapus
  140. Silahturahmi ke blog sobat...

    BalasHapus
  141. mantapppp
    kunjungi juga gan..
    http://bungmanurung.blogspot.com

    BalasHapus
  142. kok gak muncul ya sob di blog saya? help me dong

    BalasHapus
  143. oke mas, tak cobain dulu wkwkkw

    BalasHapus
  144. keren nieh tutorialnya, ajib deh, udah langsung bs di praktekin...

    BalasHapus
  145. kok belum berhasil y ..apa beda template?

    BalasHapus
  146. makasih info nya gan,
    saling follow yah ^^
    dan merapat di blog ane biar gk sepi hehehe
    http://padang-hacker.blogspot.com

    BalasHapus
  147. Maaf,saya udah nyoba, tp ko related post nya gak pernah keluar ya. . padahal saya sudah mengikuti instruksinya. Thanks

    BalasHapus
  148. oh my... panjang sekali gan kodenya, bingung saya... hehehe.. tapi thanks ya gan sudah berbagi dengan saya yang newbie ini.

    BalasHapus
  149. makasih mas saya minta kodenya aja ya mas :D

    BalasHapus

MOHON DIKOREKSI JIKA SAYA SALAH
===============================
||||||| Blog ini Dofollow |||||||||
===============================
Silahkan Meninggalkan Komentar Soba ... :)
saling bersilahturahmi saya juga akan berkunjung keblog Sobat.

Untuk Sobat Yang Ikut Kontes Seo SilahKan Berkomentar Dengan Keyword Kontes Nya. Semoga Membantu !!

Tukeran link yuk teman klik halaman sini

Untuk sobat yang tidak sempat di balas komentnya silahkan baca ini ya : :D
keep blogging